GTZ MOBILE BLOG

penemu asal indonesia yang di akui dunia internasional

by blog'e cah puteran
     Kemajuan teknologi pada saat ini tidak lepas dari adanya penemuan-penemuan hebat yang terdahulu. Berikut adalah 5 penemu atau ilmuwan hebat dunia yg berasal dari indonesia yg berhasil di rangkum blog'e cah puteran.


1. Mujair
Mujair adalah nama seorang bapak yang pada tahun 1939 menemukan ikan yang pada akhirnya dinamai dengan nama yang sama di muara sungai Serang, Blitar.
Beliau berhasil mengembangbiakkan ikan yang bukan asli perairan Indonesia  dan  populer hingga sekarang.
(baru tahu trnyata mujair itu nama orang to)

pak mujair itu mengembangbiakkan ikan yang aslinya ikan laut menjadi ikan air tawar

2. Tjokorda raka sukawati

Sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan

Sistem ini menghemat tempat, sehingga tidak memacetkan lalu lintas di bawahnya bila sebuah jalan layang dibuat di atas jalan lain.

3. Prof. Ir. R.M. sedyatmo

Lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962

Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta, dan banyak bangunan lain di seluruh dunia.

4. Bj habibie

bapak habibie juga salah satu penemu besar dari indonesia dia adalah penemu Teori crack, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang)

Kelelahan (fatigue) pada pesawat biasanya terjadi pada bagian penghubung sayap dan body utama pesawat terbang atau pada penghubung sayap dan mesin. Kedua bagian tersebut terus-menerus mengalami guncangan dan getaran selama take off dan landing. Nah, dari situlah awalnya timbulnya retakan (crack)akibat lelahnya (fatigue) material penghubung tersebut. Awal retakan ini biasanya berukuran sangat kecil, 0.005 millimeter dan terus merambat menjadi lebih besar dan bercabang. bila saja retakan ini tidak terdeteksi maka bahaya besar akan menanti. Sayap dari pesawat tersebut dapat tiba-tiba patah ketikatake off. Apalagi pesawat sudah mulai berubah dari sistem propeler menjadi sistem mesin jet pada masa itu. Potensi untuk terjadinya fatigue failureini semakin besar. Pada saat itu para peneliti di seluruh dunia dalam keadaan deadlock, masalah ini begitu sulit diselesaikan.

Peran penting bj habibie

Disaat seluruh dunia membutuhkan sebuah solusi mengenai masalah yang berkepanjangan ini, seorang penggagas jenius dari Indonesia muncul. Pada saat itu dia masih berusia 32 tahun, seorang doktor dengan perawakan cilik tetapi sangat energetik. Dia adalahDr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, seorang penggagas muda kelahiran Pare Pare Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Kejeniusan BJ Habibie ini berhasil menemukan letak titik awal retakan atau crack propagation point. Perhitungan yang dilakukan beliau sangat detail, bahkan perhitungannya sampai tingkat atom. Ini adalah penemuan yang sangat besar di dunia penerbangan. Teori yang dikemukakanPak Habibie ini disebutteori Crack Progression atau disebut dengan “theory of Habibie”. Tidak kebayang kan?? Kita sering mendengar teori Newton dan teori Darwin, tetapi sangat jarang kita dengar ada teori dengan nama orang Indonesia.
Teori Habibie ini telah dipakai di Industri penerbangan di seluruh dunia. Teori ini jugalah yang telah berhasil meningkatkan standar keamanan pada pesawat. Tidak hanya mengurangi resiko kecelakaan, tetapi juga membuat proses perawatan lebih mudah dan murah.BJ Habibie Maestro dibidang Penerbangan

5. Michael iskandar/om chia

Beliau menemukan Mesin Big Bang yang di pakai dan di sukai Valentino Rossi
         mesin bigbang milik yamaha

Teknologi Big BangBigbang adalah teknologi yang diterapkan pada sepeda motor balap (Moto GP) yamaha yang ditemukan oleh Michael Iskandar. Keunggulan teknologi pada mesin ini yaitu memiliki penyaluran tenaga yang lebih halus meskipun sistem pemindah daya sering kali membuat motor mengalami slide pada ban belakang.  Teknologi ini juga membuat motor tampil lebih meyakinkan dilintasan yang menikung. Sebagai raja tikungan Valentino Rossi sangat menggemari mesin ini. Karena Rossi memiliki keunggulan ketika melakukan manuver tikungan. Pada sejarahnya Rossi memang lebih banyak berkutat dengan mesin Big-bang ketimbang screamer. Mulai dari Honda tahun 2002 lewat RCV211v hingga tahun 2010 dengan Yamaha M-1. The Doctor selalu menggunakan mesin big-bang. Kebanyakan pembalap modern lain pun lebih menyukai teknologi big bang ketibang teknologi lain semisal screamer yang terkenal liar.

    Itulah sedikit informasi yg bisa blog'e cah puteran berikan,tentang penemu asli indonesia yg telah mendunia dan hasil karyanya masih di gunakan sampai sekarang.
Terimakasih atas kunjungannya dan semoga memberi manfaat bagi kalian semua,dan jangan lupa utk share ke teman"kalian semua jika di rasa bermanfaat..

No comments:

Post a Comment