GTZ MOBILE BLOG

Penemu layar sentuh dan hp layar sentuh pertama di dunia



GTZ MOBILE BLOG | NEWS

    Blog'e cah puteran--siapa yang pernah menggunakan gadget
android maupun Ipad? Bila pernah apalagi sering menggunakannya, tentu sudah akrab dengan layar sentuh atauTouchScreen.
Lalu, siapa penemu touch Screenpertama kali?
  Touchscreen digunakan dalam berbagai teknologi gadget seperti HP, laptop, hingga Ipad. Teknologi touchscreen ditemukan oleh George Samuel Hurst

  penemu touch screen pertama kali adalah pria kelahiran Bell County, Kentucky, Amerika, pada 13 Oktober 1927 yang akrab di sapa Sam.
  Sejak kecil, Sam sudah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa. Bahkan, saat masih berusia 15 tahun Sam  sudah mendapatkan gelar Sarjana Fisika di Berea College Amerika Serikat.
 Usai lulus pada tahun 1948,Samkembali melanjutkan pendidikan di bidang ilmu yang sama di University of Kentucky Amerika. Kemudian pasca lulus dari Universitas tersebut Sam pun mulai bergabung di Oak Ridge National Laboratory (ORNL),laboratorium sains dan teknologi yang dikembangkan Departemen Energi Amerika Serikat.Nah, di tempat kerjanya tersebut Sam mulai menemukan teknologi touch sensor atau elograph. Pada awalnya elograph hanya bisa digunakan pada komputer saja,tetapi pada tahun 1974, teknologi ini lalu dikembangkan kembali oleh Sam sehingga touch screenbisa digunakan pada layar transparan seperti iPad, smartphone, ATM,PDA (Personal Digital Assistant) serta laptop.
  Nah. Kita harus berterima kasih kepada George Samuel Hurst sebagaipenemutouchscreenpertama kali.Karena bila Samtidak menemukannya maka bisa jadi sampai sekarang kita tidak akan mengenalteknologi ini.

 
HP yg menggunakan layar sentuh pertama kali


   Sebelum ponsel layar sentuh dari Produk Apple dan samsung diciptakan sebenarnya sejak tahun 1994 silam sudah ada yang menciptakan ponsel dengan navigasi layar sentuh atau touchcreen ini. Ponsel itu berasal dari perusahaan yang bernama IBM dan ponsel layar sentuh itu diberi nama dengan IBM Simon Personal Communicator.

      IBM simon personal communicator

 ini merupakan ponsel layar sentuh yang pertama kali diciptakan didunia.IBM Simon Personal Communicator ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi sehingga bisa dibilang smartphone. Namun jaman dahulu masyarakat belum banyak mengenal kata smartphone ini. Ponsel layar sentuh ini pertama kali diluncurkan pada bulan agustus yakni pada tanggal 16 agustus 1994. Dan pada saat itu ponsel ini menggunakan sistem operasi Datalight ROM-DOS dan sudah menggunakan layar sentuh dalam penggunaanya. Ponsel ini juga dibekali dengan processor vadem yang berkekuatan 16 MHz. Namun ponsel pintar ini tidak seperti ponsel pintar jaman sekarang.
 Ponsel jaman sekarang memiliki ukuran yang lebih kecil dan tipis akan tetapi IBM Simon Personal Communicator memiliki ukuran yang lebih besar yakni 20cm x 6,4cm x 3,8cm dan memiliki berat 510 gram.
 Pada masa jayanya posel pintar atau IBM Simon Personal Communicator ini dibandrol dengan harga yang lumayan fantastik yakni sekitar USD 899 atau jika kita ubah dalam bentuk mata uang indonesia yakni sekitar Rp 8,6 juta dengan menggunakan masa kontrak operator 2 tahun. sedangkan pilihan lainya adalah dengan membayar USD 1099 atau sekitar Rp 10,5 juta dengan tidak menggunakan kontrak operator. Namun sayangnya ponsel pintar ini hanya dipasarkan dalam 6bulan saja, dalam kurun waktu tersebut sudah terjual 50 unit ponsel.

No comments:

Post a Comment