GTZ MOBILE BLOG

tips aman belanja online terbaru

      gtz mobile blog | news
Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini membuat tren penjualan sedikit berubah. Mereka tidak lagi
melirik konsumen secara nyata atau secara langsung, namun memanfaatkan jaringan internet atau dunia sosial media. Saat ini banyak sekali orang-orang yang menawarkan barang maupun jasanya melalui internet baik website maupun sosial media.Tentu dengan adanya perkembangan tren model belanja online mempermudah dalam melakukan transaksi. Namun mudah bukan berarti kita dapat mempercayakan segala transaksi melalui internet, sebab kita juga harus berhati-hati dengan transaksi yang kita lakukan. Banyak sekali konsumen yang merasa kecewa karena banyak transaksi melalui media online yang berujung dengan penipuan.Contohnya seperti barang tidak dikirim, hingga barang tidak sesuair eal picture atau yang dipasang dalam iklan.Tidak sedikit orang yang takut menggunakan media online untuk berbelanja. Ketakutan tersebut sangat mendasar sekali, mengingat saat ini banyak penjual bodong dengan akun-akun palsu nya yang semakin meresahkan dan membuat kita was-was saat memutuskan berbelanja online. Berikut beberapa cara aman belanja online yang penulis rangkum untuk pembaca setia blog'e cah puteran
1.TELITI SITUS SEBELUM MEMBELI
Selalu ingat untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang telah Anda kenali. Kalaupun akan melakukan pembelian dari situs yang masih asing, pastikan Anda melakukan penelitian kecil mengenai latar belakang toko online tersebut.Sebuah toko online terpercaya biasanya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda dapat menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.
2.WASPADA PHISING DAN PHARMING
   Sudah tahu apa istilah phishing dan pharming? Jika belum, mari kita berkenalan. Kedua istilah itu mengacu pada teknik penipuan online untuk mencuri informasi keuangan pribadi seperti nomor kartu kredit.phising adalah email penipuan yang seakan-akan berasal dari sebuah toko, bank atau perusahaan kartu kredit. Email ini mungkin mengajak Anda untuk melakukan berbagai hal — misalnya memverifikasi informasi kartu kredit, meng-update password dan lainnya.Harus dipahami bahwa perusahaan yang sah tidak akan melakukan hal itu melalui email. Jika Anda menerima email dengan permintaan semacam itu, hapus saja!
  Nah, yang agak lebih sulit untuk dideteksi adalah pharming. Ini mengacu pada sebuah halaman web palsu yang dibuat oleh penipu sehingga mirip halaman akhir dari sebuah situs belanja.Jika Anda mengklik checkout, Anda akan dibawa pada halaman milik sang penipu dan diminta untuk memasukkan data-data pribadi.Cara paling baik untuk melindungi diri dari Phishing dan Pharming, adalah dengan memiliki piranti lunak keamanan yang ter-update. Misalnya, Norton Internet Security 2010 atau Norton 360.Sebagai tambahan, pastikan Anda mengetikkan secara manual halaman web toko online di browser Anda. Jangan mengklik lewat tautan yang ada di email atau tempat lain.
3.MANFAATKAN GOOGLE
   Untuk memastikan situs Toko online tersebut benar-benar terpercaya Anda harus melakukan penelitian juga melalui mesin pencarian seperti google, ketikan pertanyaan-pertanyaan di google terkait toko online tersebut. Misal : Toko A penipu, Toko A Scam, Toko A Terpercaya. dll. Dengan begitu jika ternyata Anda menemukan informasi dari pembeli lain yang ternyata memiliki pengalaman buruk tentang toko online tersebut Anda harus waspada dan jangan melakukan transaksi
4.GUNAKAN REKENING BERSAMA
     Pilihlah Situs E-Commerce yang Menawarkan Fasilitas Rekening Bersama Untuk lebih aman dalam berbelanja online, sobat blog'e cah puteran disarankan untuk memilih situs toko online atau Platform E-Commerce yang memiliki fasilitas rekening bersama atau Escrow. Dengan fasilitas ini uang yang sobat kirimkan kepada penjual akan disimpan terlebih dahulu oleh pihak kedua sehingga aman, karena jika barang yang dibeli tidak sesuai atau tidak kunjung dikirimkan maka uang sobat yang tadi dikirim akan dikembalikan oleh pihak kedua dengan utuh.
5.CARA PENGIRIMAN
   Lihat cara pengirimannya, apakah paket ataukah COD ( cash on delivery ). Pembeli akan lebih percaya pada penjual bila di dalam profil jualannya dia menuliskan 'bisa COD' dengan jangkauan umumnya dalam kota.
 Bila barang yang ditawarkan penjual hanya bisa dikirim via Paket seyogyanya anda lihat dahulu beberapa testimoni atau komentar yang ada di daftar barang yang dijualnya.
Bila anda sudah deal dengan cara Kirim dan bayar ( COD) dan harus ketemuan di suatu tempat maka jangan lupa mengajak salah satu teman anda untuk dijadikan saksi. Karena dalam beberapa kasus, pembeli yang sendirian mengambil barang dari penjual secara COD di suatu tempat bisa membahayakan dirinya.

  itulah sedik tips dan trik cara yang aman belanja online yg bisa kami berikan,semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman"kalian
      wassalam...

No comments:

Post a Comment